Minggu, 06 Maret 2011

SMS Taujih

Seorang remaja pria bertanya pada ibunya “Ibu, ceritakan padaku tentang Ikhwan sejati” sang ibu tersenyum dan menjawab:
1. Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari bahunya yang kekar tetapi dari kasih sayangnya pada orang disekitarnya
2. Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari suaranya yang lantang tetapi dari kelembutannya mengatakan kebenaran
3. Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari jumlah sahabat di sekitarnya tetapi dari sikap bersahabatnya pada generasi muda bangsa
4. Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari banyaknya akhwat yang memuja tetapi komitmennya terhadap akhwat yang dicintainya
5. Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari kerasnya pukulan tetapi dari sikap bijaknya memahami persoalan
6. Ikhwan sejati bukanlah dilihat dari dadanya yang sidang tetapi dari hati yang ada di baliknya
_Ruslan_
“Cinta adalah kata yang tak mampuh menampung semua rindu. Rindu adalah harapan yang tak mampuh menampung semua kehendak. Cinta tanpa rindu adalah harapan semu”
_FA_
Orang-orang beriman selalu punya cara sendiri untuk menata hatinya
Meski berlawanan dengan apa yang ia terima dalam kehidupan
Saat ia mendapat mjusibah, air mata menetes tapi hatinya terilhami untuk meyakini bahwa apa yang diberikan Allah kepadanya pasti yang terbaik baginya
Fisiknya mungkin lelah, pikirannya mungkin penat, tapi tidak dengan hatinya yang terus yakin bahwa bila ia diuji oleh Allah itu adalah tanda bahwa Allah masih sangat sayang padanya.
_Mila_
Sejatinya, taman tak pernah tersenyum jika langit tak pernah menangis. Biarkan tetesan-tetesan bening di setiap taman hatimu mengalir menjadi arus semangat yang bermuara pada samudera kesabaran.
_Alim_
Saudaraku… Allah menguji keikhlasan dalam kesendirian. Allah memberi kedewasaan ketika masalah berdatangan. Allah melatih ketegaran dalam kesakitan. Hati yang siap memikul amanah adalah hati yang kuat, tegar dan tulus. Sebab ia yakin dan hanya berharap balasan dari Allah. Jadi jangan minta dikurangi beban kita. Tapi mintalah punggung lagi, agar kuat membawa amanah dari Allah.. Semoga kita semua senantiasa berada dalam kebaikan. Salam Ukhuwah Abu Hudzaifah
_Idha_
Hidup dalam sebuah lingkaran kesederhanaan kan membawa kita kepada kerendahan hati dikala mendapatkan kelebihan dan membawa kita pada sabar dan tawakkal ketika berada dalam kesempitan, ketika kegelisahan menyelimuti diri, itu pertanda bahwa ketenangan tengah diabaikan, dan tidak ada ketenangan sebaik ketengangan yang datangnya dari Allah sang maha kuasa, tetap tenang dalam hidup atau dalam menghadapi sesuatu, dan yakinkan hati bahwa dialah sati-satunya penolong kita, karena Allah maha penentu segalanya.
_Aya’_
Teguh adalah nafas rijalul hak (pejuang kebenaran)…
Mereka tak hangat di air, tak melayang di angin, tak goyah oleh tumpukan harta dan kemilau tahta..
Kiprah mereka hanya satu, tetap teguh dalam bergerak dan terus bergerak dalam keteguhan.
_Swardi_
Orang yang hidup bagi dirinya sendiri akan hidup sebagai orang kerdil dan mati sebagai orang kerdil.tapi orang yang hidup bagi orang lain akan hidup sebagai orang besar dan mati sebagai orang besar. Sayyid Quthub
_Swardi_
Ketika sebuah musibah dan bencana datang melanda pada suatu hari dalam kehidupan kita, selalu saja tergugah untuk bertanya: “Mengapa ia menimpa kita?” “Mengapa ia datang secara tiba-tiba?”. Sadar atau tidak, ternyata musibah adalah duta Allah yang dengannya menyadarkan, membangunkan dan mengingatkan kita atas jiwa yang lalai. Krena kita memang lebih sering lalai dan melupakan_Nya dari pada mengingat_Nya. Padahal Al-Qur’an menyuruh kita untuk senantiasa mengingat (Berdzikir kepada dan berpikir tentang) Allah banyak-banyak. “Siapa yang mengingat-Ku, Aku akan selalu ingat kepadanya”. Begitu salah satu firmannya yang suci…
_Halimah_
“As’aluka hubbaka wa hubba man yuhibbuka wa hubba ‘amalin yuqorribuka ilaa hubbika” HR. At-Tirmidzi (Aku memohon cintaMu dan cinta orang yang mencintaiMu serta kecintaan terhadap amal yang dapat mendekatkanku kepada cintaMu) Do’a yang Rasulullah panjatkan karena rasa malu dan cintanya yang luar biasa kepada Allah.
_Icha_
Hidup adalah sebuah perjuangan. Mereka berlomba-lomba menggantungkan harapannya. Ada yang hanya berharap, itulah sang pemimpi. Ada yang hanya berusaha, itulah orang-orang yang dibutakan oleh harapannya. Tapi ada orang yang berusaha sambil berdo’a dalam menggapai asanya, itulah sang pemenang sejati. Mari kita bertahan dalam berusaha menggapai bintang dan berdo’a tuk tetapkan kesabaran kita. Bertahan dan terus bertahan sampai bintang telah kita raih, Allahu akbar.
_Aya’_
Hidup manusia itu seperti sebuah buku. Front cover adalah tanggal lahir, back cover adalah tanggal berpulang (wafat). Tiap lembarnya adalah tiap-tiap hari dalam hidup kita.
Ada buku yang tebal, ada pula yang tipis. Ada buku yang menarik di baca, ada yang tidak sama sekali. Sekali menulis tidak akan pernah berhenti sampai selesai. Yang hebatnya, seburuk apapun halaman sebelumnya, selalu tersedia halaman selanjutnya yang putih, bersih, baru dan tidak cacat.
Sama dengan hidup kita, seburuk apapun kemarin, Tuhan selalu menyediakan hari yang baru untuk kita. Kesempatan yang baru untuk bisa melakukan sesuatu yang benar setiap harinya, memperbaiki kesalahan dan melanjutkan alur cerita yang sudah ditetapkan_Nya. Maka mari kita tingkatkan kualitas hidup kita dalam setiap harinya….
_Icca’_
Persahabatan:
Bukan atas apa atau dasar apa kita menjadi seorang sahabat, tapi itu dari hati. Ketulusan tuk berbagi dan membagi. Menyejukkan bukan membekukan. Menghangatkan bukan memberi rasa panas. Sahabat adalah seseorang yang paling tahu hal buruk dalam diri kita. Seseorang yang selalu marah saat kita berbuat salah. Seseorang yang selalu berusaha melukiskan senyum di bibir kita. Seseorang yang selalu meminjamkan bahu tuk bersandar.
Itulah arti sahabat sesungguhnya…
_Rhina_
Matahari tak terangi malam
Bintang tak hiasi pagi
Hangat tak datang bersama hujan
Embun tak ada di kala siang
Dan aku, bukanlah dia
Aku adalah aku
Aku bukan dia
Inilah aku tak sesempurna dia
Jika kau tak ingin terima aku apa adanya
Ku ikhlaskan kau pergi
Jangan paksa aku tuk merubah diri
Karena sehebat apapun barang tiruan
Dia akan tetap berlabel “PALSU”
_Febri_
Ketika kumemohon kepada Allah kekuatan, Allah memberiku kesulitan agar aku menjadi kuat. Ketika ku mohon pada Allah kebijaksanaan, Allah memberiku masalah tuk kupecahkan. Ketika ku mohon pada Allah kesejahteraan, Allah memberiku akal pikiran tuk berpikir. Ketika kumohon pada Allah keberanian, Allah memberiku kondisi bahaya tuk ku atasi. Ketika ku mohon pada Allah cinta, Allah memberiku orang-orang bermasalah tuk ku tolong. Ketika ku mohon pada Allah bantuan, Allah memberiku kesempatan. Aku tak selalu menerima apa yang ku minta, tetapi aku menerima yang ku butuhkan…
_Fitri_


Hikmah Al-Jauziyah:
“Satu tahun ibaratsebuah pohon.bulan-bulan sepanjang tahun ibarat cabang-cabangnya. Hari-hari sebagai rantingnya. Jam-jam sebagai daunnya.barang siapa yang hembusan-hembusan nafasnya selalu dalam ketaatan kepada Allah,niscaya akan menghasilkan buah yang baik, dan barang siapa hembusan-hembusan nafasnya dalam kemaksiatan (termasuk di dalam hal-halyang tiada berguna atau sia-sia) niscaya akan menghasilkan buah yang pahit. Sedangkan musim panen hanya pada hari kiamat kelak. Maka pada saat itulah akan tampak dengan jelas buah yang manis dari buah yang pahit.”
_Icha_
Ketahuilah wahai saudraku: Sungguh kita akan menemui masa-masa yang melelahkan dan berbagai ujian. Padahal kita telah berjalan di atas jalan kebenaran dan disibukkan dengan berbagai aktivitas dakwah. Apabila kita teguh di atas kebenaran dan sabar menghadapi ujian, niscaya kepedihan akan sirna, kelelahan akan hilang, dan tersisa bagi kita adalah ganjaran dan pahala. “Sungguh Allah telah membeli diri orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan Jannah” (At-Taubah: 111)
_Tina_
Tak ada nikmat yang lebih baik dari teman yang shalih, yang diberikan kepada seorang hamba setelah Islam. Jika dia lupa, temannyalah yang mengingatkannya, jika dia ingat ia membantunya. Siapa diantara kalian mendapatkan cinta dari temannya hendaklah ia memegangnya, karena sesungguhnya hal itu sangat jarang ditemukan. “Umar Bin Khattab ra”
_Dayah_
Waktu kadang lambat bagi yang menunggu,tapi terlalu cepat bagi yang terburu-buru,terlalu panjang bagi yang gundah, terlalu pendek bagi yang bahagia, tapi bagi yang selalu bersyukur waktu senantiasa adalah kebahagiaan.
Bersyukur membuka kekayaan hidup, bersyukur mengubah apa yang kita miliki menjadi cukup. Tetaplah bersyukur, karena hari ini Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan. Bersyukur dalam ketaatan
_Inna_
Seseorang hadir di hidupmu karena sebuah alasan. Mereka datang menawarkan kebahagiaan dan juga kekecewaan. Ada yang hanya sesaat, tapi ada pula yang setia setiap saat. Mereka datang silih bergantimeninggalkan kasih terkadang perih. Namun percayalah, akan ada seseorang yang datang dan menetap sepanjang masa di hidupmu. Tuhan sengaja membiarkanmu bertemu dengan beberapa orang yang salah, sebelum akhirnya mempertemukanmu dengan orang yang tepat agar kamu bisa mensyukuri karuniaNya.
_Rose_
Ketika Allah telah menjadi Alasan terikatnya ukhuwah, maka hati akan menyatu dalam keimanan, hingga terasalah nikmatnya persaudaraan dan ketika keterbatasan memisahkan, sungguh akan selalu ada rindu dan sebait do’a yang menjadi perantara pertalian hati...
_Icha_
Futur itu ujian, Allah ingin melihat upaya kita untuk keluar dari sana. Istiqamah itu ujian, Allah ingin melihat sejauh mana kita bisa bertahan di dalamnya. Marah itu ujian, Allah hendak menguji semampu apa kita menahan diri darinya. Sabar itu ujian, Allah hendak menguji seberapa kuat kita menjaganya dalam diri kita. Lelah itu ujian, Allah tengah membedakan kita dengan mereka yang lalai. Santai itupun ujian, Allah tengah menanti upaya kita untuk menyadari betapa buruknya bersantai di tengah terangnya cahaya dakwah Islam.
_Aisyah_
Yaa Allah seandainya telah Engkau catatkan dia akan menjadi teman menapak hidup, satukanlah hatinya dengan hatiku. Seiringkanlah kami melayari hidup ini ketepian yang sejahterah dan abadi. Tapi yaa Allah seandainya Engkau takdirkan dia bukan milikku, bawalah ia jauh dari pandanganku. Luputkanlah ia dari ingatanku. Peliharalah dari kekecewaan. Yaa Allah berikan aku kekuatan melontar bayangannya jauh kepada langit hilang bersama senja nan merah. Yaa Allah gantikanlah yang telah hilang, tumbuhkanlah yang telah patah walaupun tidak sama dengan dirinya. Yaa Allah jangan Engkau biarkan aku sendirian di dunia ini maupun di akhirat. Menjuruskan aku ke arah kemaksiatan dan kemungkaran. Maka karuniakanlah aku seorang pasangan yang beriman.
_Alim_
Hati yang siap memikul amanah adalah hati yang kuat, teguh dan tulus sebab hanya dari Allah ia mengharap balasan.
Ikhwafillah… seberat apapun medan dakwah yang kita hadapi jangan minta dikurangi, tapi mintalah agar diberi punggung yang kuat untuk membawanya, jika sampai hari ini kita belum merasakan rintangan dalam dakwah maka mintalah agar Allah tidak membiarkan kita tertidur dengan posisi nyaman yang kita rasakan.
_Nini_
Hidup adalah kumpulan pilihan, kita mungkin tak sekuat batu karang saat hempasan ombak menerpa bertubi-tubi, kita juga mungkin tak seperti batang jati yang tegar berdiri walau nyala api mengelilingi tapi kita dapat tetap bertekad untuk jadi seonggak tulang berselimut daging yang tak pernah letih dekati Rabbnya. Surga berbisik “Duhai Rabb, anugerahkan aku kesabaran untuk imani semua ketetapan-Mu”, hingga air mata ini menagih janji agar malaikat menyambut “Salaamun ‘alaykum bimaa shabartum”, ditempat perjumpaan abadi dengan-Mu.
_Anhi_
Hidup itu luas, tanpa menikmatinya dengan hikmah, kita akan melaluinya dengan hampa. Tinggal bagaimana kita berusaha untuk melewatinya dengan baik agar kita tak tersesat dan tergerus oleh derasnya godaan buruk yang selalu menghantui.
_Anhi_

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar